Minggu, 16 Oktober 2011

Latar Belakang


LATAR BELAKANG

1. Persaingan usaha di berbagai daerah termasuk di Wonosobo semakin ketat. Lambat laun petumbuhan usaha di Wonosobo meningkat namun tidak diiringi dengan daya beli masyarakat yang bisa menjawab tantangan sebuah usaha, baik di bidang jasa maupun penjualan barang. Persoalan ini juga diimbangi dengan kurangnya kesadaran para pelaku usaha untuk secara aktif mempromosikan atau mensosialisasikan usahanya.

2. Kurangnya media periklanan yang bisa secara efektif dan masiv bisa mendongkrak penjualan serta dengan biaya beriklan yang relatif murah. Banyak media untuk beriklan tetapi terkadang justru salah sasaran promosi dan segmen audiens-nya tidak sesuai dengan segmen target.

3. Fenomena jejaring sosial melalui media internet yang saat ini tidak dapat dibendung. Media sosial seperti yang kita kenal bernama Facebook, Twitter, Google+, Yahoo Koprol dll ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media periklanan yang sangat efektif dengan menggunakan metode “word of mouth” atau dalam bahasa jawa disebut “getok tular” dan ini sangat efisien karena metode ini gratis. Metode ini juga lebih sering disebut “berbagi”.

4. Masih banyaknya tenaga kerja produktif yang menganggur. Kalaupun ada yang bekerja tetapi banyak yang bekerja di sektor non formal. Di sektor formalpun, kini banyak jiwa muda yang seharusnya diarahkan secara kreatif namun “terlantar” dan hanya bekerja sebagai karyawan biasa tanpa tantangan dan kejelasan karir serta masa depan. Ini menyedihkan.

IDE KAMI

Kami membuat sebuah media periklanan yang unik dan efisien serta efektif untuk menjembatani antara penjual dan pembeli. Jadi nantinya penyedia jasa dan pemakai jasa akan terhubung secara langsung. Caranya; kami mengumpulkan berbagai bidang usaha baik barang maupun jasa. Selanjutnya kami beri istilah MERCHANT untuk tempat-tempat yang menyediakan barang dan jasa ini. Kemudian kami organisir dan kami data secara terpadu lalu kami iklankan secara GRATIS semuanya tadi dengan menggunakan media yang paling efektif yaitu:
    • KATALOG: Katalog adalah sebuah buku kecil yang berisi daftar nama MERCHANT di seluruh penjuru Wonosobo.
    • WEBSITE: Website atau situs web di internet yang kami miliki juga berisi list semua MERCHANT ini. Lengkap dengan informasi mengenai toko/outlet yang bersangkutan.
    • JEJARING SOSIAL: Kami menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Yahoo Koprol, Twitter dan Google+ sebagai media iklan dengan metode “word of mouth”. Halaman kami di Facebook akan terhubung dengan ribuan orang terutama yang berada di Wonosobo dan sekitarnya. Secara regular kami akan men-share berbagai informasi tentang MERCHANT dan program kami di Facebook. Dan setiap MERCHANT akan kami buatkan Halaman khusus di Facebook serta di Yahoo Koprol dan kami kelola secara professional.

Jika sebuah toko/outlet berminat menjadi MERCHANT maka toko tersebut bisa mendaftarkan kepada kami secara gratis. Kontribusi yang nantinya akan diberikan oleh MERCHANT adalah dengan cara memberi potongan harga atau DISKON kepada orang yang terdaftar secara resmi sebagai anggota Klubdiskon.

Selanjutnya kami akan mencari orang/konsumen/individu untuk secara resmi terdaftar sebagai anggota Klubdiskon. Orang/individu ini kami beri istilah MEMBER. Untuk menjadi MEMBER seseorang cukup membayar sejumlah uang ( saat ini dalam konsep kami adalah Rp. 50.000 ) dan akan mendapatkan sebuah kartu anggota yang befungsi sebagai KARTUDISKON serta satu buah buku KATALOG. KARTUDISKON ini gunanya adalah untuk mendapatkan potongan harga atau DISKON di MERCHANT yang terdapat pada KATALOG. Besarnya DISKON tergantung kesediaan pihak MERCHANT dan besaran DISKON ini juga tertera pada KATALOG dan banner/poster yang terpasang di MERCHANT yang bersangkutan.

Cara ini kami yakini menjadi cara yang paling efektif untuk menghubugkan antara penjual dan pembeli. Selain secara langsung pihak penjual akan memiliki pelanggan tetap, pihak pembelipun akan diuntungkan dengan adanya potongan harga yang sangat menggiurkan. Kami sengaja menggunakan konsep kekuatan lokal ini sebagai cara paling efektif dalam metode periklanan. Beda dengan periklanan dengan sistem member yang diterapkan beberapa perusahaan lain, dimana hanya membidik kategori MERCHANT dan MEMBER kelas B+ dan hanya untuk kota-kota besar saja.

Konsep bisnis kami inipun akan mampu menyerap tenaga kerja muda yang tangguh, berwawasan luas, futuristik dan terarah secara kreatifitas dan karir. Kami bukan sebuah perusahaan yang hanya mempekerjakan sesorang dengan tenaganya, tetapi juga dengan pikiran dan akalnya. Dan kami akan sangat menghargai seseorang yang maju serta memiliki keinginan untuk terus belajar, karena kami yakin jika generasi muda saat ini tangguh maka bangsa ini juga akan menjadi bangsa yang maju kelak.

Itulah ide kami, yang kami harap manfaat dari konsep bisnis ini tidak hanya menguntungkan secara financial buat kami tetapi juga untuk dunia usaha, angkatan kerja serta masyarakat sosial pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

image

Mau beriklan gratis?

Bergabunglah menjadi Merchant KLUBDISKON dengan beriklan di katalog, website dan social network kami. GRATIS. Pelajari cara kerja kami.

image

Mau berbelanja hemat?

Dapatkan Member Card KLUBDISKON hanya Rp. 50.000 berlaku selama setahun dan diterima di ratusan toko sebagai kartu diskon. Mulai 5% sampai 50%.